Manajemen Pendidikan.

Manajemen Pendidikan. Pengertian Manajemen 1.Menurut   Leonard D.   White,   manajemen   adalah   segenap proses,   biasanya   terda...


Manajemen Pendidikan.
Pengertian Manajemen
1.Menurut  Leonard D.  White,  manajemen  adalah  segenap proses,  biasanya  terdapat
pada  semua  kelompok baik usaha  negara,  pemerintah  atau swasta,  sipil  atau militer
secara besar-besaran atau secara kecil-kecilan. 

2.Menurut  The  Liang Gie,  manajemen  adalah  segenap proses  penyelenggaraan  dalam
setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

3.Menurut  Sondang Palan Siagian,  manajemen adalah keseluruhan proses  kerjasama
antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai
tujuan yang ditentukan sebelumnya.

4.Menurut  Pariata  Westra,  manajemen  adalah segenap rangkaian perbuatan
penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai
tujuan tertentu. 

5.Dalam  kurikulum  1975 yang disebutkan  dalam  Buku Pedoman  Pelaksanaan
Kurikulum  IIID,  baik untuk Sekolah  Dasar,  Sekolah Menengah  Pertama  maupun
Sekolah  Menengah Atas,  manajemen  ialah segala  usaha  bersama  untuk
mendayagunakan  semua  sumber-sumber  (personil  maupun materiil)  secara  efektif
dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Manajemen adalah rangkaian segala kegiatan yang menunjuk  kepada usaha kerjasama antara dua orang atau lebih untuk  mencapai  suatu tujuan yang telah
ditetapkan. 

       Jika  pengertian  ini  diterapkan  pada  usaha  pendidikan  maka  sudah  termuat  hal-hal
yang menjadi objek pengelolaan atau pengaturan.  Lebih tepatnya, definisi   Manajemen
Pendidikan adalah sebagai berikut : 

      Manajemen Pendidikan adalah rangkaian segala kegiatan  yang menunjuk  kepada 
usaha kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah
ditetapkan. 

Lebih  lanjut  Mulyani  A.  Nurhadi  menekankan  adanya  ciri-ciri  atau pengertian  yang
terkandung dalam definisi tersebut sebagai berikut : (Mulyani A. Nurhadi, 1983, pp. 2-5) 
1 Manajemen  merupakan  kegiatan  atau rangkaian  kegiatan  yang dilakukan  dari,  oleh
dan bagi manusia. 

2 Rangkaian  kegiatan  itu merupakan  suatu proses  pengelolaan  dari  suatu rangkaian
kegiatan  pendidikan  yang sifatnya  kompleks  dan unik yang berbeda  dengan  tujuan
perusahaan  untuk memperoleh  keuntungan  yang sebesar-besarnya  ;  tujuan  kegiatan pendidikan  ini  tidak terlepas  dari  tujuan  pendidikan  secara  umum  dan  tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh suatu bangsa. 

3 Proses pengelolaan itu dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung
dalam suatu organisasi sehingga kegiatannya harus dijaga agar tercipta kondisi kerja
yang harmonis  tanpa  mengorbankan  unsur-unsur  manusia  yang terlibat  dalam
kegiatan pendidikan itu. 

4 Proses  itu dilakukan  dalam  rangka  mencapai  suatu tujuan  yang telah  ditetapkan
sebelumnya,  yang dalam  hal  ini  meliputi  tujuan  yang bersifat  umum  (skala  tujuan
umum) dan yang diemban oleh tiap-tiap organisasi pendidikan (skala tujuan khusus). 

5 Proses  pengelolaan  itu dilakukan  agar  tujuannya  dapat  dicapai  secara  efektif  dan
efisien. 

Manajemen Sekolah
Pada hakikatnya istilah manajemen pendidikan dan manajemen sekolah mempunyai pengertian dan maksud yang sama. Keduanya memang sukar dibedakan, lebih-lebih sering dipakai secara bergantian dalam pengertian yang sama. Apa yang menjadi skop manajemen pendidikan adalah juga merupkan skop atau bidang garapan manajemen sekolah. Demikian pula proses kerjanya ditempuh melalui fungsi-fungsi yang sama, yang di ilhami dari teori administrasi dan manajemen pada umumnya. 

Menurut James Jr. manajemen sekolah adalah proses pendayagunaan sumber-sumber manusiawi bagi penyelenggara sekolah secara efektif. 

Manajemen disekolah sebenarnya sama presis dengan manajemen pendidikan.
Manajemen disekolah terdiri dari :
1.      Manajemen kurikulum dan program pengajaran
Mencakup kegiatan perencanaan pelaksanaan dan penilaian kurikulum

2.      Manajemen tenaga kependidikan atau manajemen personalia pendidikan
Bertujuan untuk mendaya gunakan secara efektif dalam kondisi yang menyenangkan

3.      Manajemen kesiswaan
Penataan dan kesiswaan tehadap kegiatan yang berkaitan dengan keluarnya peserta didik tersebut

4.      Manajemen keuangan dan pembiayaan
Komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan-kegiatan proses belajar mengajar di sekolah bersama komponen-komponen lain.

5.      Manajemen sarana dan prasarana pendidikan
Bertugas menjaga dan mengatur sarana dan prasarana pendidikan agar memberikan kontribusi secara optimal dan berarti pada jalannya proses pendidikan.

6.      Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat
Memiliki hubungan yang sangat erat dalam mencapai tujuan sekolah atau pendidikan secara epektif dan efiseien.

7.      Manajemen layanan khusus
Meliputi manajemen perpustakaan kesehatan dan keamanan sekolah

Perbedaan antara manajemen pendidikan dan manajemen sekolah
Manajemen sekolah adalah manajemen yang memberikan otonomi lebih  ke sekolah-sekolah dan meningkatkan keterlibatan langsung dari komunitas sekolah (kepala sekolah, guru,  mahasiswa, staf, orang tua dan masyarakat) dalam pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan kualitas  sekolah di bawah kebijakan Departemen Pendidikan Nasional (Fadjar 2002). Konsep  MBS telah menarik ahli pendidikan di Indonesia pada akhir 1990-an, dan itu  secara resmi diadopsi sebagai model manajemen sekolah di Indonesia dengan disahkannya UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Konsep MBS dipilih  didasarkan pada paradigma desentralisasi pendidikan yang diterapkan untuk memecahkan  ketidakefektifan dari paradigma pendidikan sentralistik yang sebelumnya diterapkan di Indonesia.

Manajemen pendidikan sentralistik tidak mendidik manajemen sekolah untuk kreatif  mengembangkan organisasi sekolah, mengembangkan kurikulum, mengelola fasilitas dan belajar  sumber daya, maupun mengembangkan partisipasi masyarakat. MBS membuat komunitas sekolah yang peserta aktif terlibat dalam membuat keputusan dalam kaitannya dengan program-program sekolah termasuk kurikulum dan strategi pembelajarannya.



You Might Also Like

4 komentar

  1. .comment qu berbahaya...
    .qu mau tanya tentang manajemen cinta. ?

    BalasHapus
  2. Mau bermain poker menggunakan Dompet eletrik???
    OVO,DANA,GOPAY & PULSA????

    mari bergabung dengan kami
    Bersama Donaco Poker

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  3. BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2021

    Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

    Keuntungan Jika bermain di website
    - Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
    - 100% No admin dan No robot
    - Player vs Player
    - Fair Play

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    #DONACOPOKER #POKERIDN #POKERONLINE #BANDARCEME #CEME #DOMINO #SUPERTEN #CAPSA #OMAHA #BONUSPOKER #POKERTERPECAYA #DEPOSITPULSA

    BalasHapus

Flickr Images